SPSS (Statistical Package for the Social Sciences) adalah software yang digunakan untuk analisis statistik dan memiliki kemampuan yang cukup tinggi dan manajemen data sistem pada lingkungan grafis. SPSS menggunakan menu deskriptif sehingga mudah untuk dioperasikan.

SPSS pada awalnya digunakan untuk tujuan riset pemasaran, quality control and improvement, serta penelitian ilmiah. SPSS pertama kali muncul dengan versi PC (DOS), tetapi seiring perkembangan sistem operasi Windows, SPSS mulai mengeluarkan versi Windows (dari versi 6.0 hingga sekarang).

SPSS sebelumnya digunakan hanya untuk keperluan pengolahan data statistik dan ilmu sosial. Tapi sekarang SPSS diperluas kemampuannya untuk melayani berbagai jenis tujuan atau penggunanya. Seperti untuk proses produksi dan riset ilmu sains.

Bagi Anda yang berprofesi sebagai dosen ataupun mahasiswa, software ini sangat membantu menyelesaikan skripsi atau tesis dalam hal analisis data. Di sini kami berikan 6 software sekaligus dari SPSS versi 15 hingga versi 20.

Posting Komentar

Note: Gunakan kata-kata yang bijak dalam berkomentar (no iklan, no SARA, no spam).

 
Top